Ada yang bisa dibantu ?

Peluang Bisnis Tanpa Modal, Reseller / Dropshipper ? Bagaimana Dalam Pandangan Islam ?

Keuntungan Menjadi Reseller atau Dropshipper - Rumah Buku Naya

rumahbukunaya – Pernah tidak kamu berfikir bahwa ada bisnis tanpa modal ? Meskipun dirasa tidak mungkin tapi di era digital seperti ini hal tersebut mungkin-mungkin saja.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak SMA, pegawai swasta bahkan hingga ibu rumah tangga pun bisa, kamu juga bisa lho. Bahkan yang belum memiliki banyak pengalaman dan modal pas-pasan untuk memulai usaha.

Kamu bisa memulai bisnis tanpa modal dengan mengikuti sistem reseller atau dropship, bagi kamu yang belum tau perbedaannya sini mimin kasih tau.

Pendahuluan

Singkatnya Reseller merupakan orang yang menjual kembali barang milik supplier kepada pembeli. Reseller hanya sebagai jembatan antara pemilik produk dan pembeli. Namun ada juga supplier yang mengharuskan resellernya membeli stok barang terlebih dahulu.

Sedangkan Dropshipper merupakan orang yang menjual produk namun tidak memiliki stok barang. Barang yang dibeli konsumen akan dikirim langsung dari supplier.

Tapi, apakah reseller atau dropshipper diperbolehkan dalam Islam ? menurut Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A

Hukum Reseller atau Dropshipper

Dibolehkan dropshipping, menaikkan harga, mengirim atas nama kita asal ada kesepakatan dg pemilik barang. Karna yg dijaga adalah hak pemilik barang bukan pembeli.

Read more https://pengusahamuslim.com/4792-ringkasan-materi-kajian-hukum-jual-beli-online-oleh-ust-arifin-baderi.html

Atau bisa juga disimak penjelasan dari Ustadz Dr. Oni Sahroni, M.A, Pakar Ekonomi Syariah, Ketua Dewan Pengawas Syariah IZI dan Dewan Syariah Nasional MUI berikut ini :

Fikih bisnis dropship oleh Dr. Oni Sahroni, M.A
Hukum dropship oleh Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A

Dengan mengetahui hukum reseller dan dropshipper dalam islam, hati kita akan menjadi lebih tenang dalam melakukan aktivitas tersebut.

Keuntungan Menjadi Reseller atau Dropshipper

Nah sekarang mari kita simak beberapa keuntungan menjadi reseller dan dropshipper :

Langsung Berjualan

Langsung Jualan menjadi Reseller
Keuntungan menjadi reseller atau dropship – Photo by Guilherme Rossi on Pexels.com

Setelah kamu mendaftar ke supplier/toko sebagai reseller atau dropshipper, kamu sudah bisa langsung berjualan di instagram atau marketplace. Kalau kamu punya modal, kamu juga bisa membuat website jualan sendiri.

Biasanya kamu akan dibekali materi-materi yang sudah disiapkan oleh supplier kamu terkait produk apa saja yang dijual. Misalnya seperti foto produk, harga dan spesifikasi dari produk tersebut.

Kamu juga bisa menentukan harga jual sendiri tentunya setelah ada kesepakatan dari supplier bahwa kamu bisa menjual di range harga tertentu.

Tanpa Harus Stock Barang

warehouse with concrete floor
Keuntungan menjadi reseller atau dropship – Photo by Tiger Lily on Pexels.com

Dengan menjadi reseller/dropshipper kamu tidak perlu lagi memikirkan tempat untuk menyimpan stock barang yang belum terjual. Karena kamu hanya perlu memesan barang apa yang dipesan oleh pelanggan.

Biasanya kamu akan diberitahu apakah produknya sedang ready stock atau kosong.

Hanya Butuh Modal Kecil Atau Bahkan Tanpa Modal

person holding banknote
Keuntungan menjadi reseller atau dropship – Photo by Lukas on Pexels.com

Dengan menjadi reseller/dropshipper kamu tidak perlu memikirkan berapa biaya produksi, biaya bahan baku, gaji karyawan, dan lain-lain. Kamu hanya mengeluarkan modal yang relatif kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun, kamu sudah bisa membuka usaha pertama kamu.

Namun ada supplier yang mengharuskan untuk membeli beberapa produknya terlebih dahulu sebelum terdaftar menjadi reseller/distributor, tapi kalau misalnya kamu mendaftar menjadi Reseller/Member Rumah Buku Naya kamu sudah bisa menjadi Reseller Rumah Buku Naya tanpa harus mengeluarkan rupiah sepeserpun alias GRATIS. Setelah itu kamu sudah bisa menjual produk yang ada di Ruma Buku Naya.

Cara daftarnya sangat mudah kamu tinggal klik DAFTAR.

Cuma Modal Smartphone

person using macbook air on table
Keuntungan menjadi reseller atau dropship – Photo by Christina Morillo on Pexels.com

Dengan bermodalkan smartphone saja, kamu sudah bisa memasarkan produk-produk yang kamu jugal di marketplace atau di sosial media seperti facebook dan instagram.

Yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan skill marketing dan menambah relasi. Agar ketika sudah memiliki pengalaman, kamu bisa membuat produk sendiri.

Menjual Banyak Produk dari Beberapa Supplier

assorted cosmetic lot
Keuntungan menjadi reseller atau dropship – Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

Dengan sistem reseller atau dropship memungkinkan kamu untuk menjual banyak produk dari beberapa supplier. Misal kamu bisa berjualan buku anak dari rumahbukunaya, kosmetik dari supplier B, dan sepatu dari supplier C.

Jika bukan menjadi reseller atau dropshipper, kamu pastinya sudah mengeluarkan modal yang cukup banyak untuk stock barang. Tapi dengan menjadi reseller atau dropshipper, dana yang dibutuhkan bisa diminimkan.

Yang perlu kamu perhatikan adalah manajemen produk yang baik, catat dengan baik agar ketika ada yang memesan kamu tidak kebingungan harus pesan ke supplier yang mana.

White Label Dropshipping Toko Online Kamu

Keuntungan Menjadi Reseller atau Dropshipper - Rumah Buku Naya
Keuntungan Menjadi Reseller atau Dropshipper – Photo from https://blog.drupa.com/

Bagi yang belum tau, White Label Dropshipping adalah kertas atau label yang berisikan nama pengirim (dropshipper) dan nama serta alamat penerima (konsumen).

Jadi ketika kamu mendapat pesanan dari konsumen kemudian diteruskan kepada supplier, maka supplier akan mengirimkan barang pesanan konsumen atas nama toko online kamu. Itulah white label dropship.

Praktis

cheerful elderly man listening to music in headphones
Keuntungan Menjadi Reseller dan Dropshipper – Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Keuntungan menjadi reseller dan dropshipper yang terakhir adalah praktis. Kamu tidak perlu lagi menyiapkan stok produk, packing pemesanan dan melakukan pengiriman.

Karena semuanya sudah dikerjakan oleh supplier, kamu bisa bersantai dan rebahan sambil menunggu pesanan kamu sampai ke tangan konsumen. Atau kamu bisa gunakan waktu yang harusnya digunakan untuk hal-hal diatas dengan hal-hal lain yang bermanfaat.

Di Rumah Buku Naya semua pesanan akan diproses dengan baik dan tepat waktu. Setiap buku akan dilapisi karton dus yang tebal sehingga melindungi buku dari goncangan atau tekanan pada saat pengiriman melalui jasa pengiriman.

Bagi reseller atau dropshipper Rumah Buku Naya dapat mengirimkan pesanan konsumen dengan menggunakan nama pengirim dari reseller atau dropshipper.

Penutup

Pilihan menjadi reseller atau dropshipper merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memulai usaha tanpa modal dan baru memulai usaha.

Hanya dengan bermodalkan smartphone, kamu sudah bisa langsung berjualan dan memasarkan produk kamu. Kemudian menunggu pesanan dan meneruskan pesanan konsumen kamu kepada supplier, lalu supplier akan mengirimkan pesanannya langsung ke konsumen kamu. Mudah kan ? Selamat Mencoba.

Ingin Mendapatkan Penghasilan Tambahan ?

Yuk, gabung menjadi member/reseller Rumah Buku Naya dan dapatkan diskon yang lebih besar lagi hingga 30%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *